Ribuan Pramuka Siaga Semangat Ikuti Pesta Siaga 2017 Kwarran Bantarbolang

Pramuka Kwartir Ranting Bantarbolang Kabupaten Pemalang, pada Minggu, 19 Februari 2017 menggelar pesta siaga di Lapangan SMA Negeri Bantarbolang. Kegiatan yang diharapkan menjadi ajang pembentukan karakter ini diikuti sebanyak 1000 lebih Pramuka Siaga. Selain pembentukan karakter, kegiatan ini juga  dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan bakat dan membentuk karakter anak didik ini mengacu pada Program Kerja Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah dan Pramuka Kwartir Cabang Pemalang. Acara dibuka langsung oleh Kepala UPP Kecamatan Bantarbolang, Drs. Sedyo Margono. Sementara itu Waka. Humas Kwarran Bantarbolang, Dirmanto, S. Pd. Menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan secara kontinue, mulai dari tingkat sekolah maupun ranting, semoga kegiatan pesta siaga ini berjalan lancar, aman, tertib dari awal sampai akhir. Yang juara akan menjadi wakil Kwarran untuk pelaksanaan pesta siaga di tingkat Kabupaten.

Materi Pesta Siaga ini, mengacu pada materi yang akan dilombakan di tingkat Kwartir Cabang, Pesta Siaga Kwarran Bantarbolang ini diikuti oleh 110 Barung. Keseluruhan barung itu terdiri dari Gudep SD sebanyak 55 barung Putra dan 55 Barung Putri. Selain itu, peserta juga didampingi oleh Pembina Pendamping. Dalam Pesta Siaga ini akan diberikan kegiatan-kegiatan melalui 11 warung, di mana didalam warung tersebut, siswa akan didampingi pembinanya, mulai dari warung keagamaan, warung yel barung atau semangat barung, seragam Pramuka, pengetahuan umum, puzzle, ketangkasan, seni budaya, ketrampilan, cinta tanah air dan NKRI, peduli sesama hidup dan lingkungan hidup, PBB dan Bumbung Kemanusiaan. Didalam 11 warung itu, dilakukan bermain dan berlatih, guna menjadi pribadi yang mandiri, melalui kegiatan Aktif, Edukatif, Kreatif , Rekreatif,  Kompetitif dan Kekinian yang mengandung nilai pendidikan.

Pesta Siaga adalah wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak dini, sehingga akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik. Dari pagi hingga sore, semua peserta akan bergembira, bermain dan belajar serta berpesta mengikuti kegiatan pada pesta siaga ini. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil, seperti dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggungjawab serta mempererat tali persahabatan dan persaudaraan. (AdminDesa)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *