Seleksi SOTK Desa Pegiringan Menggunakan Sistem ONLINE

Media Informasi Warga

Seleksi SOTK Desa Pegiringan Menggunakan Sistem ONLINE

28 Desember 2016 Berita 0

Berdasarkan Peraturan Bupati Pemalang tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang  tentang Petunjuk Pelaksaanan Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja perangkat Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Pemalang tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pemalang  tentang Petunjuk Pelaksaanan Pedoman Penyusunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Desa.

Rabu, 28 Desember 2016, Kepala Desa Pegiringan bersama tim seleksi internal melaksanakan tes seleksi penataan struktur organisasi dan tata kerja perangkat desa. Tes seleksi meliputi tes tertulis dan ujian praktik sesuai dengan tupoksi masing-masing peserta sesuai dengan posisi yang dilamar.

81b889bd-0662-4b64-b2f5-fe7cf9eecf9eTes tertulis diikuti oleh semua perangkat desa, tes tertulis dengan menggunakan sistem CAT ONLINE yang terintegrasi dengan website desa. Salah satu manfaat dari sistem CAT ONLINE adalah transparansi dalam pengerjaan sampai pada hasil, dimana peserta seleksi harus mengerjakan tes secara online dengan username dan pasword masing-masing, setelah selesai mengerjakan tes secara otomatis peserta langsung dapat melihat hasil tes tanpa ada rekayasa dari panitia. Menurut Soleh Aji salah satu panitia, mengatakan bahawa CAT ONLINE pada seleksi SOTK ini selain panitia mencoba hal baru sesuai dengan perkembangan jaman, diyakini juga bahwa dengan CAT ONLINE transparansi hasil ujian akan lebih terjaga. Selain itu, dengan seleksi sistem online diharapkan menjadi pembelajaran bagai para aparatur desa khususnya dalam pemanfaatan teknologi.

90332e4f-e960-4be1-affe-a91717be50bdUntuk tes ujian praktik, dilaksanaan setelah ujian tertulis selesai, dengan materi yang sesuai  dengan tupoksi posisi yang dilamar, seperti pidato, praktik memimpin rapat, praktik membuat administrasi surat menyurat, pembukuan  dan sejenisnya. Kepala Desa Pegiringan mengharapkan dengan pelaksanaan tes seleksi internal SOTK ini, kedepannya semua  aparat desa menempati posisi yang sesuai dengan kompetensinya. Selain itu Kepala Desa Pegiringan juga ingin memberikan contoh bahwa kemajuan teknologi sangat menunjang dalam segala hal, khususnya bagi pemerintahan desa. Tes tertulis dan praktik dihadiri seluruh panitia baik dari Unsur BPD, LMPD, Tokoh masyarakat, turut hadir pula perwakilan dari media nasional dari SCTV dan Suara Merdeka. Mudah-mudahan pelaksanaan CAT ONLINE pada seleksi SOTK bisa memberikan solusi dan wacana baru, khususnya bagi desa-desa yang sedang mengembangkan desa online. (admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *