Sidekem Mempermudah Pelayanan Sistem Informasi Desa

Media Informasi Warga

Sidekem Mempermudah Pelayanan Sistem Informasi Desa

9 Maret 2017 Berita 0

Sistem Informasi Desa adalah bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam Bagian Ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.

Keberadaan Landasan Hukum dalam proses penerapan Sistem Informasi Desa merupakan bagian yang terpenting dalam penentuan kebijakan pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten didalam memfasilitasi Sistem Informasi Desa sesuai yang tercantum didalam Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Bagian Ketiga tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan. Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2016 Bab IV Pasal 4 dijelaskan bahwa Kebijakan dan Strategi pengelolaan Data desa adalah satu Sistem Data dan Informasi Desa , berupa data terintegrasi dari berbagi sumber data melalui perangkat daerah yang membidangi Pemberdayaan Masyarakat Desa. Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pemerintah Kabupaten Pemalang, telah menerapkan SID Desa dengan implementasi aplikasi Sidekem di desa-desa kawasan Pemalang.

Aplikasi Sidekem adalah aplikasi sistem informasi desa yang berhubungan dengan data-data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berisi tentang data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kepala Keluarga, infomasi serta transparansi desa, Jadi Sidekem adalah aplikasi yang mengawal banyak hal dalam pelayanan kependudukan salah satu aspeknya adalah keakuratan dan kecepatan dalam pelayanan publik di Desa. Sidekem kini telah digunakan Desa Pegiringan untuk kegiatan pelayanan masyarakat, dengan Sidekem pelayanan surat menyurat lebih mudah, lebih cepat, bahkan dengan penerapan Sidekem, maka akan tercipta database kependudukan yang valid, desa bisa mempunyai data digital desa yang bisa diakses kapan saja. Banyak manfaat dari penerapan Sidekem, antara lain :

1. Memudahkan Pemerintah Desa dalam mencari, memanggil, menyimpan dan mengolah data desa
2. Meningkatkan kualitas pengelolaan data desa yang akurat dan terbarukan secara berkala;
3. Memperluas jangkauan informasi;
4. Meningkatkan kualitas pelayanan administrasi desa;
5. Mempermudah akses informasi tentang desa;
6. Meningkatkan akuntabilitas;
7. Meningkatkan transparansi;
Menemu kenali potensi sumber daya yang bisa dioptimalkan untuk mendukung kemandirian desa, dan memudahkan masyarakat untuk bekerjasama dengan pihak lain dalam hubungan saling tergantung dan saling menguntungkan. Semoga dengan Sidekem Desa Pegiringan akan lebih akuntable, mandiri dan meningkat dalam pelayanan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *