Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pindeskel Tahun 2018

Pindeskel ini merupakan ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada juara lomba desa dan kelurahan. Hal ini sebagai upaya strategis dalam penyebaran dan pemerataan informasi mengenai desa-desa inovasi, yang telah dilakukan di desa atau kelurahan kepada masyarakatnya secara nasional. Acara ini akan dilaksanakan mulai Kamis hingga Minggu, 18-21 Oktober 2018 di Garuda Wisnu Kencana, Bali.

Pada Tahun 2018 ini, akan diambil tema Melalui Inovasi dan Gelar Teknologi Tepat Guna Kita Wujudkan Desa yang Maju Mandiri dan Sejahtera.  Temu Kaya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Di Bali Tahun 2018 itu akan berlangsung maraton selama 3 hari, yaitu tanggal 18 Oktober 2018 sampai dengan  21 Oktober 2018.

Pertemuan yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi di Bali tersebut merupakan puncak dari rangkaian evaluasi perkembangan desa sesuai dengan pasal 4 ayat 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015. Acara tersebut adalah implementasi dari ruang lingkup Pasal 4 ayat 1 Permendagri Nomori 81 Tahun 2018 yang berbunyi “Evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, Perlombaan desa dan kelurahan, Pekan Inovasi Perkembangan desa dan kelurahan dan Penentuan lokasi Labsite untuk model pengembangan desa dan kelurahan”.

Selama 3 (tiga) hari nanti, acara akan diawali dengan Gala Dinner pada tanggal 18, Deville oleh peserta dari berbagai desa di seluruh indonesia, diskusi tentang inovasi di Tanggal 19 dan pembukaan yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, cerdas cermat dengan tema “Memahami Penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan” di tanggal 20 Oktober 2018, dan diakhiri dengan penutupan sekaligus kunjungan lapangan peserta ke desa berprestasi di Bali.

Sesuai dengan tujuan awalnya, pelaksanaan pekan inovasi perkembangan desa dan kelurahan merupakan wujud komitmen Pemerintah untuk mempercepat proses kemajuan desa dan kelurahan. “Acara tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mempercepat proses kemajuan desa dan kelurahan, mulai dari penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, pelayanan kepada masyarakan sampai dengan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten pemalang juga memberangkatkan delegasinya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Delegasi yang ikut dalam kegiatan tersebut antara lain pengurus UPK Bantarbolang beserta perwakilan Kepala desa, seperti Kepala desa Pegiringan Duhari Daya. *(admin)

Categories: