Terkait Penerapan SID IT Desa, Sekda Aceh Tamiang Kunjungi Desa Pegiringan

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sebuah bangunan yang menghubungkan antar fungsi pengelolaan data dan informasi secara utuh di desa. Aplikasi SID adalah alat olah data dan informasi berbassis komputer yang akan menjadi salah satu rujukan dasar dan pemberi fungsi layanan. Sistem ini akan berjalan baik dalam ranah offline maupun online. Pada bentuknya yang offline, SID telah terbangun dalam sebuah jaringan data dan informasi di kantor desa. Pada bentuknya yang online, SID akan terbangun dan terhubung dalam jaringan data dan informasi berbasis internet, yang menghubungkan desa dengan dunia luar.

Proses pelaksanaan fasilitasi penerapan Sistem Informasi Desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui melalui Diskominfo dan Dispermades yang dalam pelaksanaan teknisnya dilakukan oleh Pusat Pemberdayaan Informatika Desa, yaitu Puspindes. SID desa merupakan salah satu program unggulan dan program inovasi Kabupaten Pemalang. Pemerintah Kabupaten dengan menggandeng Kominfo membuat terobosan dengan mendirikan Triple pemancar di desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang, sehingga desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang bisa mengakses internet, dan secara bertahap penerapan SID di desa dapat diterapkan, bahkan berkat program unggulan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pemalang mendapat penghargaan Government Award tahun 2017 dari majalah Sindo di Jakarta.

Program inovasi SID di Pemalang, membuat banyak daerah tertarik ingin mengetahui lebih lanjut, seperti pada hari ini, Rabu, 12 April 2017 Kabupaten Pemalang dikunjungi oleh rombongan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dan Pemda Kendal. Dalam kunjungannya rombongan dari Pemda Aceh Tamiang mengunjungi kantor Puspindes. Selain itu Rombongan yang dipimpin oleh Sekda Aceh Tamiang Ir Razuardi MT didampingi Kepala Dinpermades Pemalang serta awak media, juga mengunjungi desa Pegiringan. Rombongan diterima Camat Bantarbolang, Kepala Desa Pegiringan beserta perangkat dan staf, sekitar pukul 13.00 WIB di pendopo balaidesa Pegiringan.

Dalam sambutannya Sekda Aceh Tamiang, Ir Razuardi MT menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya adalah untuk melihat langsung bagaimana penerapan SID di desa. Selain itu beliau juga ingin lebih dalam mengetahui tentang pengelolaan dan pemanfaatannya bagi desa, sehingga program-program SID di Pemalang khususnya di Pegiringan, dapat diterapkan di desa-desa di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

Sementara itu Kepala desa Pegiringan Duhari Daya, dalam paparannya beliau memaparkan secara detail tentang bagaimana penerapan SID di Pegiringan, mulai dari penerapan informasi dan profil serta potensi desa melalui website desa. Untuk pelayanan surat menyurat Duhari Daya lebih lanjut menjelaskan, bahwa pelayanan di Pegiringan menggunakan 3 jenis, yang pertama pelayanan berbasis email, Aplikasi Sipedang dan Sidekem.

Sidekem adalah aplikasi SID yang dikembangkan oleh Puspindes yang digunakan sebagai aplikasi data dan pelayanan desa-desa di Kabupaten Pemalang. Dengan Sidekem pelayanan surat hanya butuh waktu 2 menit langsung jadi, beliau juga mengajak Sekda beserta rombongan dan awak media untuk menguji langsung bagaimana proses penggunaan Sidekem. Pada akhir kunjungannya rombongan dari pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sangat terkesan dengan sistem SID yang diterapkan, mudah-mudahan ini menjadi oleh-oleh dan bisa diterapkan di Kabupaten Aceh Tamiang, tuturnya. (Admin)

Author: AdminDesa
Pegiringan adalah desa di kecamatan Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Pegiringan salah satu desa di kecamatan Bantarbolang yang mempunyai bahasa yang khas di banding daerah lain di Pemalang, yaitu pengucapan vokal akhir (a) dibaca dengan (e) seperti pada kata belah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *