TP4D Kabupaten Pemalang Lakukan Monitoring Pembangunan Pegiringan

Media Informasi Warga

TP4D Kabupaten Pemalang Lakukan Monitoring Pembangunan Pegiringan

21 Februari 2017 Berita 0

Keberadaan TP4D menjadi salah satu elemen penting untuk memastikan dana desa dan keuangan lainnya tersebut tidak dikorupsi oleh pelaku pembangunan di desa. Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum berperan mendukung keberhasilan penyelenggraan pemerintahan dan pembangunan nasional di pusat maupun di daerah melalui pengawalan dan pengamanan baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan, termasuk dalam upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian negara.

Dalam rangka melaksanakan pengawasan dan pengawalan pembangunan di desa-desa di wilayah Kabupaten Pemalang, TP4D Kabupaten Pemalang, Selasa (21-02/2017) melaksanakan Monitoring, evaluasi dan pemeriksaan terhadap 3 desa di Kecamatan Bantarbolang. 3 desa yang menjadi sasaran monitoring TP4D di Kecamatan Bantarbolang adalah desa Pegiringan, desa Kuta dan desa Lenggerong.

Kepala desa Pegiringan (Duhari Daya) menyampaikan bahwa Monitoring TP4D ( Tim Pembinaan Pengawasan Pengawalan dan Pengamanan Desa) bersifat membina, mengevaluasi dan memberi arahan agar dalam proses kegiatan yg didanai dengan uang negara baik melalui pemerintah Pusat maupun daerah tidak terjadi kekeliruan dan penyelewengan serta harus dipertanggungjawabkan, sesuai arahan Camat Bantarbolang (Drs. Sukisman, MA) bahwa desa-desa dalam melaksanakan kegiatan yang bersumber dari keuangan yg masuk APBDes harus memperhatikan prosedur, baik perencanaan, penganggaran, pelaksanaan kegiatan dan pertanggung jawaban.

Kepala desa Pegiringan (Duhari Daya) juga menyampaikan agar teman-teman Kepala Desa jangan kuatir untuk di monitoring,  justru ini menjadi kesempatan baik agar kekurangan atau hal-hal yang masih belum jelas bisa ditanyakan langsung, agar betul-betul dalam pengelolaan keuangan desa sesuai dengan aturan dan hari ini 3 desa di Kecamatan Bantarbolang, yaitu Lenggerong, Pegiringan dan desa Kuta mewujudkan pertanggung jawaban antara proses kegiatan perencanaan dan pengSPJan agar sinkron sesuai aturan dan mudah-mudahan bisa menjadi contoh bagi desa-desa, khususnya di wilayah Kecamatan Bantarbolang.

Dalam monitoring dan pemeriksaan tersebut, kepala desa Pegiringan  didampingi perangkat desa, memberikan dokumen-dokumen pelaksanaan pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada pelaporan SPJ ADD, DD dan Bantuan Keuangan Desa lainnya. Tim TP4D memeriksa secara detail Perencanaan, dokumen pelaksanaan dan dokumen SPJ keuangan, selain pemeriksaan dokumen tim TP4D juga melakukan wawancara langsung, tentang peengelolaan pembangunan di desa Pegiringan.  Pada akhir monitoring tim TP4D memberikan arahan dan evaluasi, secara garis besar tidak ditemukan masalah, adapun kekurangan-kekurangan masih dalam batas kewajaran, seperti kekeliruan penulisan, penomoran agar segera diperbaiki, dan kedepannya desa agar lebih cermat lagi dalam pengadministrasian.

Kepala desa Pegiringan menyambut baik hasil monitoring dan menyampaikan terima kasih atas evaluasi yang telah diberikan, dan bersyukur laporan pembangunan serta keuangan desa Pegiringan telah selesai, baik ADD, DD maupun keuangan lainnya.  Sebelum kegiatan monev selesai beliau menyampaikan permintaan kedepannya tim TP4D tidak sungkan apa bila perangkat Pegiringan mohon bimbingan atau pendampingan agar lebih baik lagi, selain itu Duhari Daya juga menyampaikan keluhan para Kepala Desa saat ini yaitu mengenai sinkronisasi antara pencairan dan waktu pelaksanaan kegiatan, mepednya pencairan dana desa sehingga desa lambat dalam pelaksanaan dan pengerjaan pengadministrasian. (Admin).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *