UMKM Mawar Biru Memproduksi Keripik Aneka Rasa Khas Pegiringan

Media Informasi Warga

UMKM Mawar Biru Memproduksi Keripik Aneka Rasa Khas Pegiringan

26 Desember 2016 Berita 0

Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan / atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini.

Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

4

UMKM Mawar Biru (Mangan Wareg Bisa Turu) didirikan sekitar tahun 2015 lalu, kelompok pemberdayaan ini dipelopori oleh kelompok perempuan dibawah binaan PKK Desa. Unit usaha yang dilakukan adalah usaha keripik pisang dengan aneka rasa dan jenis, mulai dari keripik rasa original, berberque, pedas dan rasa lainnya. Selain bergerak di bidang usaha kecil, UMKM Mawar Biru juga memberikan pelatihan-pelatihan dan sosialisasi khususnya kepada ibu-ibu usia produktif, tentang bagaimana pentingnya kesadaran berwiraswasta untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Nama Mawar Biru terinspirasi dari kegiatan pos daya di daerah Cilacap dan Banjar Negara yang sukses dalam bidang pemberdayaan. Dari industri kecil rumahan, pengurus UMKM Mawar Biru berharap kedepannya solusi usaha mandiri khususnya perempuan bisa berkembang. Keripik pisang dipilih karena Pegiringan termasuk Desa penghasil pisang dan selama ini pisang belum dimanfaatkan secara tepat guna oleh banyak orang, selain mudah didapat dan harganya relatif terjangkau, UMKM Mawar Biru juga melihat selama ini keripik pisang hanya diolah dengan rasa dan  jenis tertentu saja, maka dari itu UMKM Mawar Biru melihat peluang usaha Keripik pisang bisa berkembang, apalagi jika keripik pisang yang diolah memiliki variasi bentuk, rasa dan jenis, hal ini tentu akan menambah nilai jual tersendiri. Adapun jenis keripik pisang yang di kembangkan oleh UMKM Mawar Biru adalah Keripik rasa Pedas, Original, Balado daan masih banyak lagi, selain keripik pisang ada juga jenis keripik tempe dan telur asin. Harapan UMKM Mawar Biru kedepannya mudah-mudahan bisa memiliki gerai/toko khusus untuk menampung hasil produksinya, berikut contoh hasil produksi yang sudah dikembangkan UMKM Mawar Biru :

4 2 3 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *